Cheese Cake with Blueberry Topping ala Na ^^

na's  cheese cake topping

Berawal dari rasa bosan melihat si keju tiap kali buka kulkas. hehehe. Maka, siang ini diambilah keputusan untuk mengeksekusinya. ๐Ÿ˜€ dibikin apa yaa? Awalnya pengen banget bikin pizza, jadi mengeksekusi si mozarella dulu untuk jadi topping. Namun, karena setelah dipikir-pikir ngerjainnya lebih ribetย  dan keburu nanti kerja lembur, akhirnya pilihan jatuh pada cream cheese terlebih dahulu. ๐Ÿ˜€ sisa red velvet bulan Juni kemarin. :S

Oke, langsung saja. untuk resep browsingan internet dari beberapa sumber. yang kemudian dimodifikasi habis-habisan sama pemilik dapur. wkwk. Biarlah. hasilnya memang tidak selembut resep aslinya sih. kembali lagi, masalah selera dan tanganan lah :-P. hasil masakan masing-masing orang bisa beda-beda ๐Ÿ˜€ yang penting enaaak ajah, full of love in every slice. :-p

Bahan:

60 gr terigu (Na pake segitiga biru)

60 gr butter (krn ga ada Na pake margarin ajah :p)

250 gr creamcheese (suhu ruang)

120 ml whipcream (karena ga ada juga, Na ganti pake creamcheese juga hehe, jadi total creamcheesenya 400 gr ๐Ÿ˜€)

3 butir kuning telur

1 butir telur utuh

5 butir putih telur

2 sdt parutan kulit jeruk lemon

ยผ sdt garam

125 gr gula pasir

1 sdm air jeruk lemon

 

Cara Membuat:

  1. Siapkan loyang bulat diameter 20 or 22 cm. Oles margarin, alasi dengan kertas roti. Panaskan oven suhu 150o C (T_T indikator suhu ovenku ngga mau jalan. Jadi Cuma asal panas saja tadi, dengan api besar)
  2. Campur dan ayak terigu serta maizena. Sisihkan
  3. Campur butter, cream cheese dan whipcream. Panaskan dengan api kecil sampai leleh saja. Kemudian angkat. Masukkan campuran terigu dan maizena, aduk rata. Masukkan kuning telur dan telur utuh, aduk, tambahkan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata.
  4. Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula, garam dan air jeruk lemon. Kocok lagi hingga adonan lembut dan mengembang (softpeak). Ambil sepertiga adonan, campur rata dengan adonan creamcheese. Kemudian baru dicampurkan dengan sisa adonan putih telur tadi. Aduk sampai tercampur rata.
  5. Tuang adonan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Panggang dengan cara aufbainmarie atau panggang dengan loyang berisi air di bawahnya. (Na pakai loyang bawaan oven dan satu loyang yang agak tinggi untuk menampung air. Kemudian melapisi si loyang bulat dengan alumunium foil biar air nggak tembus ke dalam. Hehe)
  6. Panggang selama 60-75 menit (tergantung oven masing-masing) sampai permukaan kue menguning atau menjadi coklat keemasan. Angkat, dinginkan kemudian keluarkan dari loyang. Cover dengan glaze sesuai selera ๐Ÿ˜€ bisa pakai apa saja sih. Kalau Na pake selai blueberry 2 sdm+air 2 sdm, larutkan di atas api kecil. Kemudian baru digunakan untuk melapisi cake. Hasilnya lumayan cantik lah ๐Ÿ˜€ plus red cherry di tengahnya. Anggun ๐Ÿ˜€ hwehehe. Selamat menikmati ^^

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s