Klapertaart Kukus

DSC_0574 –> klapertaart kukus

Ditodong temen kantor buat masakin makanan yang aneh. Udah lama sih, sudah dipenuhi April kemarin. heuheu.. Akhirnya, di antara beberapa opsi makanan yang pengen mereka makan, jatuhlah pilihan itu pada klapertaart kukus. πŸ˜€ Sebenernya sih mereka mupeng banget pengen yang klapertaart ori yang dipanggang. Pernah bawa beberapa iris ke kantor daan, mereka jatuh cinta :-D. Oke, berhubung di kantor tidak ada oven, jadilah seadanya saja. Tiada oven, kukusan pun jadi. πŸ˜€

Asal klapertaart ini dari Manado. Makanan ini sebenarnya sangat simpel dan manis πŸ˜€ (kayak yang bikin :-p hahaha kumat narsisnya-red). Selain untuk kudapan bersama keluarga, klapertart ini pun bisa dimodifikasi untuk hantaran loh. Sempat ada teman yang pesan pas lebaran kemarin, tapi karena keterbatasan waktu dan tenaga belum bisa terpenuhi 😦 maaf ya mbak…

Untuk resep, Na awalnya pakai resep original klapertaart yang akhirnya dimodifikasi sendiri sesuka hati. hehe. icip-icip terus dan pasti melalui fase galau @_@. hal yang paling menggalaukan adalah masak untuk orang lain. H2C deh alias harap-harap cemas. πŸ™‚ Sering kali kita merasa kurang oke, tapi Alhamdulillah mereka bilang oke πŸ˜€ apapun komentar dan masukan konsumen, selalu menjadi catatan dan perbaikan kualitas masakan kita ^^

Resep Klapertaart Kukus

– 8 Lembar roti tawar, buang pinggirannya

– 100 ml susu cair plain untuk merendam

Vla

– santan instan 90 ml larutkan dengan airΒ  sebanyak 350ml

– air kelapa 200 ml (opt. kalau mau hasil vla yang lebih cair)

– 2 lembar daun pandan, ikat

– 25 gr maizena

– 1 sdm tepung terigu

– 75 gr gula pasir

– 1/2 sdt garam halus

– 2 butir telur kocok lepas

– 1/4 sdt vanilli bubuk

– 250 gr kelapa muda

– 50 gr kismis, rendam air hangat, tiriskan.

Cara Membuat:

– Rendam roti tawar dalam susu. tata dalam loyang tahan panas.

– vla–> rebus santan, air kelapa, daun pandan, maizena, terigu, gula dan garam sampai kental. masukkan telur, vanili bubuk, kelapa muda, dan kismis. aduk rata

– tuang vla di atas roti tawar yang sudah ditata di loyang tahan panas, kukus dengan api sedang selama 30 menit atau sampai matang.

simpel kan? ^^ . selamat mencoba.

DSC_0155–> yang ini versi ori klapertaart. butuh oven untuk bikin lapisan putih telur bagian atasnya. hehe. kapan-kapan posting deh, πŸ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s